Senin, 11 Juni 2012

Papua harus ditangani dengan hati-hati


Penembakan terus terjadi di bumi cendrawasih. Menurut Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, kasus di Papua harus ditangani dengan hati-hati.

"Jadi sekarang sedang dipastikan siapa, diproyeksi, ini mesti hati-hati karena masalah Papua ini sangat sensitif sekali," Purnomo Yusgiantoro sebelum rapat dengan Komisi I DPR, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (11/6).

Menurutnya, Kepala Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat, Purn Letnan Jendral Bambang Darmono sudah melakukan pendekatan ekonomi dan kesejahteraan di Papua. Tetapi tidak dapat diselesaikan secara cepat tetapi secara bertahap.

"Jadi sebetulnya otonomi khusus ini sudah berjalan hanya saja memang di dalam pelaksanaannya, terkait dengan pendekatannya, pendekatan ekonomi, kesejahteraan dan sebagainya itu sudah dilakukan tapi tidak bisa begitu saja diselesaikan dengan cepat," terangnya.

Sejauh ini menurut Purnomo, permasalahan di Papua adalah keamanan dan ketertiban. Dan hal ini masih di ranah kepolisian.

"Kalau itu masalah public order itu tidak domain dari kami, jadi memang ada ancaman internal yang sifatnya masih di dalam domainnya public order Kamtibmas. Dan itu memang di dalam ranah kepolisian. Kita siap membantu kalau itu memang diperlukan, itu ditangani oleh kita," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar