Selasa, 15 Januari 2013

Kehidupan Keberislaman di Indonesia Lebih Baik dari Negara Tetangga


Sebagai negara yang mayoritas penduduknya memeluk Islam, pakar politik Islam Greg Barton mengaprisiasi keberislaman muslim Indonesia. Menurutnya negara-negara seperti Malaysia dan Timur Tengah yang notabene mayoritas penduduknya juga sama-sama menganut Islam, kondisinya sangat berbeda dengan muslim Indonesia yang lebih inklusif dan dinamis.

Menurut penulis biografi Gus Dur ini muslim Indonesia sedikit banyak telah mendorong terjadinya demokratisasi di berbagai lini. Tidak seperti di negara-negara lain yang masih saja mengkonfrontasikan antara Islam dan demokrasi. Di Indonesia sudah banyak pemahaman yang melihat adanya kompatibilitas antara Islam dan demokrasi.

Indikasi lain yang juga tampak adalah hadirnya ormas-ormas Islam moderat seperti Muhammadiyah dan NU yang turut menyokong perjalanan demokrasi Indonesia. Namun meskipun demikian Greg Barton juga mengakui dalam perjalanannya, demokratisasi di Indonesia tidak sepi dari letupan-letupan yang menggonyang Indonesia menjadi negara yang demokratis.

Greg Barton tetap mengingatkan agar kondisi indah keberagamaan di Indonesia harus tetap dipantau dan ditingkatkan. “Kalau kita tidak betul-betul memprihatinkan kondisi kebebasan beragama dan intoleransi ini, tidak mustahil Indonesia akan seperti negara-negara lain yang lebih buruk kondisinya” kata Greg Barton.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar