Selasa, 19 Februari 2013

Terorisme Tidak Identik dengan Islam


Dosen Fakultas Adab Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta mengatakan, aksi terorisme yang kerap terjadi di belahan dunia, khususnya Indonesia tidak bisa identik dengan Islam. Karena aksi teror itu bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa mengenal agama, etnis, bangsa, dan negara.

“Aksi terorisme itu bisa dilakukan oleh siapapun. Karena itu tidak bisa diidentik dengan Islam. Hanya kebetulan saja beberapa aksi teror yang terjadi di Indonesia dilakukan oleh mereka yang mengaku dirinya Islam,” kata Ainul Yaqin pada Lazuardi Birru.

Menurut dia, orang kadang hanya memaknai terorisme itu terkait dengan sesuatu yang ada kaitannya dengan agama, padahal tingkah laku kelompok, tingkah laku sebauh negara yang melakukan teror pada negara lain juga masuk kategori terorisme.

Karena itu, ia berharap agar publik tidak lagi berpikiran sempit, apalagi mengidentikkan terorisme dengan Islam. Menurut dia, aksi terorisme bisa dilakukan oleh siapa saja, tidak memandang agama, etnis, bangsa, dan negara. “Meskipun sekarang pandangan orang pada umumnya mengaitkan terorisme dengan Islam, itu karena ulah oknum yang tidak bertanggungjawab,” ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar